Tempat Yang Ingin Aku Kunjungi

Foto-foto yang dikirmkan oleh sahabatku untuk memberikan motivasi

“Dream On because God will embrace those dream”. Dream is my key to be what I want to be in the future. I do believe this quote “There is a will, There is way “. Foto ini dikirimkan oleh salah satu sahabatku ketika dia memutuskan solo traveller mengelilingi dunia. Foto-foto ini menjadi saksi bahwa mimpiku dan sahabatku tercapai. Dulu kami mempunyai sebuah kotak impian yang berisi cita-cita kami berdua. Siapapun dari kami yang mencapai mimpinya menjadi kebahagiaan bersama bahwa tiada yang tidak mungkin bagi kami yang percaya akan keajaiban tangan Tuhan. Hal-hal yang belum bisa kuwujudkan terwujud dari langkah sahabatku ini. Begitu pula terkadang apa yang menjadi cita-citanya terwujud oleh langkahku.

Jerman adalah salah satu  negara impianku dimana negara penghasil Renewable Energy terbesar di dunia. Dimana Kebutuhan energinya disupplai oleh energi terbarukan. Bidang Renewable Energy adalah bidang yang saya geluti dalam 3 tahun terakhir, dimana saya pergi ke daerah-daerah pedalaman di Indonesia untuk membantu masyarakat mandiri secara energi. “I realize that being part of them, it means your life and your relation with them never break even you already left that place. Work as a volunteer is like work for “eternity”. They always remember your existence there”.

Hal tersebut berkaitan dengan impian terbesarku yaitu menjadi “NGO yang mendunia”, menjadi NGO leader yang mampu mengabdikan diri untuk Indonesia yang memiliki wawasan luas dan berpengalaman. Pengabdi yang mampu melihat dunia luar, merasakan bagaimana bergaul dengan orang-orang yang memiliki karakter dan kebudayaan yang berbeda. Perjalanan impian ini dapat membuatku menjadi pribadi yang tahan banting, berpikiran terbuka dan meningkatkan skill untuk beradaptasi dalam budaya berbeda serta menjalin networking. Selain itu, Berangkat ke Jerman sejalan dengan misi  sustainable Development Goals (SDGs) goal #7 yaitu untuk mengembangkan “affordable, realiable, sustainable and modern energy for all”.  Hal ini berguna untuk bekalku nanti dalam mengabdikan diri pada Negara. Saat ini aku bekerja di salah satu NGO di Bidang Renewable Energy dan Community Empowerment terkhusus untuk daerah-daerah 3 T di Indonesia.

Aku akan menyusuri jalanan  Bradenburg Gate untuk menyaksikan bagaimana sejarah terciptanya penyatuan Berlin Barat dan Berlin Timur kala itu sekaligus menjadi landmark yang wajib didatangi di Negara Jerman. Melanjutkan langkah kaki menuju Grunewald, menikmati indahnya taman Hijau di tengah kota sekaligus mencari inspirasi. Sejarah adalah media pembelajaran yang berharga yang tidak boleh dilewatkan, Pulau Museum menjadi salah satu pilihannya. Misi utama adalah melihat penerapan Solar Rooftop yang memanfaatkan efek Photovoltaic dari sinar matahari yang berjejer kepingan panel surya sebagai sumber energi terbarukan yang diterapkan. Berinteraksi bersama warga lokal sambil mencicipi kuliner Kartoffelsalat dengan desert Apfelstrudel yang sangat terkenal disana.  Aku ingin mencoba mencicipi Bretzel, salah satu roti terkenal juga yang cocok mencegah perut keroncongan, dan menambah energi bagiku [“The power of Jalan kaki]. Tidak lupa juga aku akan mengunjungi komunitas muslim disini karena aku adalah muslimah traveler yang ingin meninggalkan bekas sujudku di bagian bumiNya yang lain.

Hal yang paling penting adalah tetap berusaha, berdo’a dan meniatkan diri menjadi pribadi yang bermanfaat yang mampu melihat kebesaranNya dimanapun kita menjelajah.

#Kontespestapoinxvivo#pestapoin-vivo#GoUptraveloka#Gouptraveloka#Goup#pestapointraveloka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *