Sistem Packing One Ransel yang Ampuh

Satu Tas Ransel , satu Tas Kecil Kuy Jalan

Pernahkah gak sih berpikir pas travelling, kok bawaan gue banyak yah?

Nanti oleh-oleh gak muat kalau bawa tas kecil?

Kalau gw bawa baju dikit masa foto gw pake baju itu itu aja?

( Noted : Yang penting itu pengalamannya bisa nikmati keindahan atau menikmati indahnya foto ? hehhe “ ini juga my self reminder )

Nah sebelum memutuskan apa yang akan dibawa dan seberapa banyak bawaan untuk travelling, kita harus mencari tipe liburan yang seperti apa yang kita inginkan. Apakah dengan membawa bawaan yang minimalis dapat menunjang tujuan kita atau apakah kita membutuhkan beberapa barang yang dapat mensupport tujuan kita. Disini penting untuk mengetahui gaya travelling seperti apakah kita itu.  Kadang juga dalam hati tersirat, kalau bawaan ku dikit kayaknya gak fashionable, bosanlah dan banyak hal lainnya. Makanya tujuan travelling dari awal harus kita ketahui untuk menentukan strategi dan kenyamanan saat berpejalanan.

Pertanyaan lain datang “ Loh kok, elu  bisa pergi-pergi satu ransel  selama 2 bulan?”

Tulisan ini dibuat kebetulan ada beberapa pertanyaan yang melipir di Instagram tentang gaya travellingku. Kadang ada teman yang bilang aku terlalu maskulin yang cuek akan penampilan tapi sebenarnya aku adalah tipe orang yang tidak kuat mengangkat beban berat. Apalagi berat ingin ketemu kamu#hahahah  Prinsipku “ Kalau menyusahkan diri sendiri buat apa bawa banyak-banyak “.

Apalagi buat kita kaum perempuan yang memiliki segala macam aksesoris yang kalau dilihat pretelan-pretelan yang berarti . Misalnya nih, pretelan tas make up, alat mandi, dan aksesoris tambahan lainnya. Bagaimana agar penampilan kita tetap eye-catching, simple meski dalam keadaan travelling. Nah biasanya sebelum melakukan perjalanan terkadang disibukan dengan persiapan berapa baju dan celana yang akan dibawa, kerudung, manset dan banyak lainnya terutama bagi perempuan yang syar’i tentunya akan lebih banyak lagi pretelan lainnnya. Beberapa teman kadang gak habis pikir, aku bisa membawa tas ransel aja. Dibandingkan dengan mereka yang membawa koper yang agak besar. Berikut aku ingin saling berbagai apa saja yang biasa aku lakuin jika aku harus travelling dalam hitungan bulan  dengan satu ransel saja.

Jadi ada hal-hal yang perlu disiapkan sebelum hari H akan datang :

  1. Perkirakan berapa hari akan berpergian dengan tujuan menentukan berapa banyak pakaian yang akan dibawa dan gaya travelling seperti apa yang kamu senangi
  2. Yang terpenting adalah bawa pakaian dalam agak banyak, jika kamu tidak ingin repot-repot bisa membeli “pakaian dalam” yang sekali pakai dibuang yang tersedia di minimarket
  3. Bagi kaum wanita, bawaan kerudung boleh agak dibanyakin biar selalu terlihat fresh dan semakin bervariasi aja pas di foto ( Mode narsis). Kadang moment foto ini penting juga loh, bisa dibilang narsis bisa juga sebagai kenangan yang belum tentu kita bakal balik lagi ke tempat itu. Missal kamu jalan jalan ke Eropa, kan tidak semudah naik angkot yang bisa pergi kapan aja hehe
  4. Baju tipis tapi tidak transparan , coba deh cari dan amati ada gak bajumu yang meski tipis tapi aman dan tidak tembus pandang. Ini akan mengurangi beban tas ranselmu dan kamu bisa selipin bawaan lainnya.
  5. Pakaian tidur dan pakaian jalan bedakan. Hal ini agar menghindari baju jalan dipakai tidur.
  6. Bawa handuk outdoor yang bisa dilipat kecil
  7. Bawa peralatan mandi dalam ukuran kecil
  8. Bawa alat sholat berbahan parasit dan letakan di atas ransel karena mukena ini adalah salah satu peralatan yang akan sering dipakai. Letakan di atas karena intensitas pengambilan yang sering, ini akan memudahkan kita untuk mengambil dan menghemat waktu
  9. Bawa kaos kaki tiga buah saja, dua lapangan dan satu untuk tidur (kalau cuaca dingin)
  10. Selanjutnya packing semua barang dan prioritaskan dari hal yang terpenting dan beberapa barang yang butuh dikeluarkan cepat. Lipat baju beberapa lipatan, atur dan seimbangkan beban.

Model travelling kayak gini cocok buat kamu yang tidak berniat membeli oleh-oleh dalam jumlah banyak. Contohnya, aku hanya akan membeli souvenir dalam bentuk magnet kulkas atau hal yang unik , simple dan hand carry.  Keluargaku tidak menuntut dibelikan oleh-oleh karena mereka sudah senang jika aku bisa menekuni kesukaan dan meraih cita-cita. Mereka akan bilang “ Lebih baik ditabung untuk bekal travelling lagi”. Aku bersyukur karena kemanapun aku ingin pergi, orang tua selalu mengizinkan. Katanya pengalaman adalah hal yang sangat mahal, selagi masa muda kejarlah apa yang kau suka.

Nah bagi kaum laki-laki, menyiasati cara packing dan menyusun barang bawaan mungkin akan lebih mudah karena pretelannya jauh lebih sedikit dengan kaum perempuan. Jadi  jangan sampai liburan kita jadi merepotkan karena barang bawaaan kita yang tak terkontrol as simple as like that. Sistem packing satu ransel ini juga membantu kita untuk mobile ngalor ngidul kaditu kadieu bahasa sundanya mah pokoknya gitu deh (hehe) .

Gimana guys? Apakah tips ini bermanfaat ? I hope so

Yuk Travelling, semangat nabung !!

Bikin bucket list biar ada target, kalau gak tercapai yah ga usah sedih because life must go on !!!

YASSSSSS…………………..

About the author

A Young girl who believes in: "meeting new friends" means "learning new experiences and knowledge". Born as Sundanese, grew my self many places around West Java till graduated as a bachelor degree holder, I was being involved in VOLUNTEER PROJECT in a rural area. I do love travelling, so curious about other cultures. So, damaydream is my real stories about daily activities, experience, dream and traveling. Overall, people's uniqueness because every single one is UNIQUE in their own way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *