TIPS LOLOS YSEALI DAN DAPAT 4000 $

Hari ini aku ingin membagikan pengalaman dalam mengikuti program petukaran pemuda dari 10 Negara Asean. Pada bulan Februari 2018, baru saja aku pulang dari Kalimantan tidak sengaja melihat pembukaan YSEALI REGIONAL WORKSHOP CRITICAL THINKING yang akan diadakan Thailand. Pada waktu itu, aku tertarik dengan tema yang akan diselenggarkan karena dari dulu sebenarnya aku ingin belajar yang namanya Design Thinking.

Dan Guys, FYI program YSEALI ini tiap tahun buanyaaaaaak banget yang diselenggarakan di Negara ASEAN yang berbeda setiap tahunnya. Kuyy, kamu bisa langsung kepo ke websitenya di https://asean.usmission.gov/yseali/. Tahun depan lagi banyak banget bukaan program Regional Workhopnya ataupun YSEALI SEED FUTURE ( Buat kamu-kamu yang bingung butuh asupan dana, kuy coba ini). Program YSEALI REGIONAL ini satu sama lain bisa dalam jangka waktu yang berdekatan dan tidak menutup kemungkinan buat yang sudah menjadi alumni bisa kembali mendaftar. Dan buat kamu yang mau berpetualangan ke nagara paman syam bisa cobain program YSEALI Fellowship. YSEALI ini dibagi menjadi dua bagian untuk student dan professional. Pokoknya rajin kepo, infonya udah lengkap banget.

Singkat cerita bulan Februari, aku mengirimkan aplikasi dengan beberapa persyaratan.  Bulan April diumumkan lah kandidat-kandidat yang lolos seleksi. Sebelumnya bulan Maret waktu itu aku iseng post status fotoku di kapal menuju Sumba yang sedang memegang bendera Indonesia dengan caption “ Salah satu delegasi Indonesia”. Ntah itu emang do’a karena katanya do’a yang terijabah itu salah satunya yaitu do’a seorang musafir.

Pengumuman

Team Indonesia tiba di Bangkok

Dan ini email isi pengumuman itu, kala itu aku sedang “gogoleran” di kasur dan tring bunyi email masuk. Aku kira itu dari lowongan kerjaan yang dikirimin setiap hari oleh Mba Lina Jobstreet jadi tidak ada antusias waktu itu. Wess aku buka saja dan Alhamdulilah . FYI, kandidat yang lolos tidak ditentukan jumlahnya per negara jika dalam satu negara hanya ada satu yang cocok menjadi kandidat maka hanya satu. Begitu juga sebaliknya jika dalam satu negara banyak kandidat yang potensial 7-10 orang tidak masalah.

Berdasarkan hasil pengamatan aku biasanya YSEALI REGIONAL WORKSHOP memiliki pola sama dalam hal penseleksian peserta. Nah balik lagi ke persyaratan yang harus ada di calon peserta dan apa aja yang harus disiapkan :

1.Bahasa Inggris , meski kamu gak jago banget bahasa inggris selama kamu bisa mengerti dan bisa bertukar pendapat masih okay. Karena workshop nanti  akan memakai bahasa inggris terus, jadi kamu setidaknya harus bisa memahami dan bisa mengerti. Jangan takut, jangan merasa kurang bagus, percaya aja dan coba . You will never know until you try it. Yang terpenting clear dan jelas. Could you imagine aku yang seorang sundanish yang meni sesah pisan bilang f, v dan p. Makanya untuk mensiasati huruf tersebut, aku menggunakan tangan sebagai tanda atau rajin mencari sinonim yang berurusan dengan huruf itu . Misal pas mau ngomong “ Very good” bisa diganti “ Awesome”, pas mau ngomong “ Opportunity “ ini masih gampang diomongkan tapi kadang suka kepeleset jadi F jadi aku ganti jadi “ Chance” , Begitulah kira-kira hehee

2.Strong Leadership … nah di poin ini merupakan poin penilaian yang lumayan menentukan. Disini kamu akan dilihat seberapa besar impactful yang kamu berikan terhadap apa yang akan dan sudah kamu lakukan. Disini biasanya dilihat juga bagaimana kamu memainkan peran dengan baik.  Intinya ceritakan bagaimana menjadi Role model itu , deksripsikan dengan baik bagaimana usaha, passion dan proses selama kegiatan/sesuatu yang sedang kamu lakukan dapat berarti.

3.Buat Video yang berdurasi 4 menit. Biasanya hampir seluruh aplikasi YSEALI REGIONAL WORSHOP ini mengharuskan calon peserta membuat video yang berisi :

Perkenalan /Background professionalmu – Sebisa mungkin perlihatkan bahwa kamu memang memiliki strong leadership.
Bagaimana keterkaitan profesimu sekarang dengan tema YSEALI yang akan diselenggarakan – buatlah video dengan excited yaah J

4.Ada beberapa pertanyaan yang berhubungan di tema dan mengharuskan kamu memberikan ide dan langkah pasti untuk menyelesaikan isu pada tema tersebut

5.Di formulir aplikasi biasanya ada point statement interest ( Kenapa kamu harus dipilih dan buat apa manfaat untuk kamu)

6.Di formulir online ada beberapa pertanyaan/essay seputar tema yang harus kamu jawab. Saranku jawab dengan jawaban yang applicable yah .

7.CV dalam bahasa inggris , saranku cukup selembar saja dan yang terpenting simple, jelas dan powerfull.

8.Letter recommendation, kalau poin ini tergantung ada beberapa regional workshop yang mengharuskan dan lainnya nggak

9.Klik tombol submit dan Berdo’a dan minta restu orang tua

Nah setelah aku dipilih ceritanya berangkatlah aku cuss ke Thailand. Sebelum kepergian biasanya ada preparation Online sama team YSEALI yang mengatur  mulai dari keberangkatan, materi yang akan disampaikan nanti ( Kami diberikan bahan terlebih dahulu untuk dipelajari). Persiapan untuk cultural night performance dan small grant competition. Singkat cerita tibalah disana dan mengikuti serangkain acara sampai di akhir penutupan kami melakukan presentasi SMALL GRANT COMPETITION.

Nah dari mana uang 4000 $ ? Let’s check it out

Selama disana dari hari pertama sampai dengan hari terakhir . Kami bekerja keras untuk membuat konsep SMALL GRANT COMPETITION yang applicable. Kebetulan bulan Mei tersebut sedang bulan Ramadhan. Jadi di tengah puasa aku dan bersama Team setiap malam menyiapkan dan berdiskusi untuk pematangan konsep Small Grant Competition. Di meja kami hari terakhir , jadwal hectic sekali dengan berterbaran kertas, laptop, handphone , penyiapan bahan presentasi, poster dan pembuatan video harus dilakukan pada saat itu. Dan disinilah kunci keberhasilan kami yaitu TEAM WORK dan APPLICABLE CONCEPT. Dan tak terlupa peran LEADER sangatlah penting, dimana bersamanya akan membawa Team itu kuat atau lemah. Waktu itu, kami hanya mencoba memberikan usaha terbaik yang bisa kami lakukan yang bertanggung jawab membawa nama “ Indonesia “ dan mencoba mengharumkan nama “ Indonesia”.

Di River Cruise petang itu, kami diwakili oleh Kak Steven project Leader kami mempresentasikan program yang kami sebut COC – Coach To Connect – dihadapan perwakilan YSEALI, ASIA FOUNDATION dan US EMBASSY. Dari kejauhan kami mencoba menenangkan Kak Steve dan fokus memperhatikannya. Setelah semua 10 Negara ASEAN mempresentasikan proyek SMALL GRANT COMPETITION tibalah waktu Voting peserta favorit . Guess what ? Indonesia waktu itu berada di urutan ke 4 atau 5 .  TAPI pemenang dari small grant competition ini tidak diumumkan petang itu.

Pengumuman dari US EMBASSY bahwa ada 7 negara yang berhak mengikuti ke tahap selanjutnya dan Indonesia menjadi salah satu negara yang diberi kesempatan mengikuti kompetisi ini.

Malam itu adalah penghujung hari terakhir di Thailand menjadi penutup malam terindah bagi kami setelah selama beberapa hari menghabiskan waktu bersama dan belajar banyak hal bersama. Bahkan dengan mengikuti YSEALI ini, memberikan peluang bagiku untuk bertemu orang-orang luar biasa. 

Setibanya kami di Indonesia,kami hanya mempunyai waktu 2 minggu untuk menyempurnakan proyek yang akan kami buat. Jadi no aint days off, kami melakukan kerja sama secara Online dan saling memberikan feedback. Proses seperti ini tidaklah mudah selain adanya kerja sama TEAM. SIngkat cerita duaaaaaaaaaaar email sudah dikirim dan tinggal menunggu pengumuman.  Sekitar bulan Juli tanggal 21 kami menerima Email yang isinya :,

Dear Team Indonesia, 

Greeting from the Asia Foundation, Thailand Office.

I would like to congratulate you on the job well done with the small grant on Coach to Connect. After a careful consideration, we would like to announce that you have been selected to receive the grant and implement this great project. Please begin to conduct the planning. 

Meanwhile, the Asia Foundation, Thailand Office will prepare a grant contract and collaborate with Asia Foundation in Indonesia to facilitate the reimbursement and implementation and process. 

We look forward collaborating with you and rolling out this project together. 

Should you have any questions, please do not hesitate to let me know. 

Best wishes,

…………….

ARTINYA kami harus mulai menyusun strategi lagi untuk mempersiapkan proyek kami yang akan berjalan pada bulan Januari ini J. Beberapa kali kami diharuskan melakukan koordinasi ke pihak YSEALI, US EMBASSY dan ASIA Foundation untuk mempersiapkan konsep dan kematangan program. PELAJARANNYA berharga selama mengikuti proses ini sangat membekas dan aku bersyukur Tuhan membersamaiku bersama Team ini. THANK GOD !!!!

Nah jadi uang sebanyak itu kami gunakan untuk menjalankan sebuah proyek yang bertujuan untuk berkontribusi mencerdaskan anak bangsa. AAMIIN

Dan TARAAAAAAAA.. LETS FIND IT ini

https://coachtoconnect.org/ !!! ( Disini info lengkap proyek YSEALI yang akan kami jalankan)

Ini adalah proyek yang sedang kami siapkan pada bulan Januari .  SEE YOU GUYS in Jakarta !!

“ Jangan pernah berhenti mencoba, meski gagal bangkit lagi untuk mencoba”

Disini ku belajar arti bagaimana beproses…. THANK YOU to MY TEAM !!

About the author

A Young girl who believes in: "meeting new friends" means "learning new experiences and knowledge". Born as Sundanese, grew my self many places around West Java till graduated as a bachelor degree holder, I was being involved in VOLUNTEER PROJECT in a rural area. I do love travelling, so curious about other cultures. So, damaydream is my real stories about daily activities, experience, dream and traveling. Overall, people's uniqueness because every single one is UNIQUE in their own way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *