PENGELANA SUNYI PART #1

Patriot Energi

Gak ada Listrik ? Gak ada Sinyal Telepon? Berpetualang ke Pedalaman Indonesia?

Tinggal 6 bulan ? 1 Tahun ? berbeda suku dan agama ? How CAN ?

Bagaimana serunya petualanganku… Check it out guys !!

THINK LIKE STRANGER, ACT LIKE NATIVE …..

Sebelumnya aku tidak pernah membayangkan bahwa aku akan hidup bersama orang lokal di daerah yang tergolong jauh dari kota dimana aku lahir. Saya sangat bersyukur mendapatkan kesempatan menjelajahi Indonesia yang mungkin tidak semua orang bisa mengalami apa yang aku rasa dan sungguh ini adalah perjalanan yang luar biasa yang telah mengajarkan tentang “arti hidup sesungguhnya “. Hari demi hari, bulan berganti bulan, tahun berganti tahun dan mungkin sudah puluhan purnama aku melewatkan dengan keluargaku di kota asalku. Namun meski terkadang dilanda kerinduan, ternyata Tuhan memberikan aku keluarga baru dengan mereka tinggal dan menghabiskan waktu bersama. Senyuman demi senyuman, canda tawa silih berganti dari puluhan purnama itu dan terpatri dalam hati.  Satu jepret , dua jepret foto mengabadikan semua momen yang ada. Pemandangan, orang lokal, udara yang berbeda, atmosfir berbeda, keramahan dan tantangan menemani perjalanan ini. Dan Aku SUKA !

Pejuang Cantik- [Pengalaman asyik seorang Perempuan Sunda menjelajahi 4 Daerah 3 T di Indonesia.]

Beberapa sahabat mengatakan bahwa aku harus menuliskan pengalaman ini . beberapa kali aku merasa “ apakah tulisanku akan berguna?” , aku terus menunda tapi akhinya aku memulai menuliskannya seketika aku mengingat bahwa menulis adalah pekerjaan untuk sebuah keabadian.

Tulisan ini aku persembahkan untuk kaum muda yang haus akan semangat, tantangan, dan yang sedang menuju jalan mendaki.. Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman yang aku rasakan, alami dan jalani .Salah satu perjalanan pengelana sunyi, jauh dari hingar bingar kota, menikmati setiap rasa yang hadir di jalan itu, tidak perlu dikenal namun kehadirannya terpatri dalam hati masyarakat.“Pejuang Cantik” bukan karena penulisnya cantik, tapi aku ingin menyampaikan bahwa kecantikan itu bisa terpancar lewat inner beauty yang ada dalam diri. Kecantikan itu hadir secara alami ketika sebuah ketulusan berbuah rasa kasih, sayang, dan rindu pada akhirnya. Bagaimana caraya bertahan? Milikilah sahabat yang selalu ada untukmu untuk setiap drama yang terjadi dalam kehidupan

 In Japanese old saying “When you are young you should challenge the hardship even if it cost much money”.  It’s very happy for me to hear the young people to challenge the future.”

Disini aku dilatih bagaimana membesarkan hati , mengecilkan kepala . Bagaimana menjadi sarjana Rakyat yang melekat di hati masyarakat. Pejuang cantik hanyalah sebutan dari tumpukan semangat yang aku kumpulkan untuk dapat berbaur dengan masyakat. Aku hanya ingin melakukannya dengan hati,sehingga akan kembali dengan hati juga, tidak ada batas antara aku dengan masyarakat. Suatu saat dimana tahun berganti, aku ingin berkata bahwa aku pernah ada dan berada bersama-sama mereka , melewati hari, menulis mimpi dan perlahan-lahan mennggapai mimpi itu. Dan selepas aku pergi,semoga perjuangan akan tetap ada di hati masyakat.

KAPAN aku memulai?

Aku memulai menjelajahi Daerah 3 T di Indonesia sejak bergabung di Patriot Energi. Patriot Energi adalah adalah salah satu program dari Kementerian  Energi Sumber Daya dan Mineral yang mengirim lulusan sarjana-sarjana teknik terbaik (umumnya) ke daerah-daerah pelosok di seluruh Indonesia. Adapun tugas sebagai patriot energi yaitu membantu masyarakat dalam mengoperasikan dan memelihara fasilitas energi, membantu masyarakat dalam membentuk Lembaga Pengelola Energi, membantu masyarakat dalam mengidentifikasi kegiatan produktif di desa tersebut, mengidentifikasikan potensi energi baru terbarukan di desa penempatan. Kebetulan waktu itu sedang dibangun proyek 35.000 MW untuk menerangi wilayah Indonesia yang belum memiliki listrik. Tetapi tidak sampai pada bidang tersebut, kami juga melakukan pemberdayaan di Desa seperti mengajar, ataupun melakukan kegiatan ekonomi produktif bersama masyarakat.

Dua kali Patriot mengikuti Patriot Energi telah mengajarkan banyak hal padaku, bahkan menjadi universitas kehidupanku untuk pertama kalinya. Mulai dari mengenal diri sendiri, mengenal orang sekitar, bahkan mengenal kesinergisan alam dengan manusia. Mungkin ada yang berfikir, apa sih yang telah diperbuat oleh seorang Patriot Energi ? apa yang menjadikannya begitu istimewa? Aku tak lantas menyebut bahwa aku seorang yang istimewa tapi aku beruntung telah menjadi salah satu masyarakat Indonesia yang menduduki puncak piramida kependudukan bangsa ini. Piramida paling puncak itulah yang mempunyai kemampuan dan tanggung jawab untuk dapat memajukan Bangsanya

Banyak cara untuk mencintai Indonesia. Jadi pilihlah jalan yang sesuai kata hatimu.  Terimakasih Kepada Tuhan yang selalu melindungi tubuh mungil ini  mejelajah , kepada kedua orang tuaku yang telah mengizinkan anaknya bertualang merantau jauh tanpa do’a dan ridha mereka tak mungkin aku sejauh ini.  INGAT JAGA NIAT, JAGA DIRI, JAGA HATI !

About the author

A Young girl who believes in: "meeting new friends" means "learning new experiences and knowledge". Born as Sundanese, grew my self many places around West Java till graduated as a bachelor degree holder, I was being involved in VOLUNTEER PROJECT in a rural area. I do love travelling, so curious about other cultures. So, damaydream is my real stories about daily activities, experience, dream and traveling. Overall, people's uniqueness because every single one is UNIQUE in their own way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *